Cara Sederhana Menjadi Kaya

Cara Sederhana Menjadi KayaAda banyak pengertian tentang apa artinya menjadi kaya. Menjadi kaya bukan hanya sekedar banyaknya jumlah uang yang kita hasilkan karena menjadi kaya bisa saja malah menjadikan kita miskin atau sebaliknya, dalam keadaan miskin tapi kita menjadi kaya. Misalnya dalam keluarga yang sederhana tapi masih dapat hidup lapang dengan kebahagian mereka untuk saling berbagi. Sebaliknya pada keluarga lain yang sudah hidup mapan dengan segala kemewahan yang mereka miliki masih saja hidup susah dengan segala perselisihan yang dihadapi sesama anggota keluarganya sendiri. Jadi, menjadi kaya berarti memiliki segalanya, keluarga bahagia dengan menikmati makanan yang lezat di rumah mewah dengan hubungan yang baik dengan setiap orang. Namun untuk mencapai kekayaan yang seperti ini anda harus memiliki komitmen yang kuat dan menjalankannya.

Sebagian orang mengabaikan keluarganya dengan fokus mencari kekayaan sehingga pada akhirnya tidak dapat menikmati kekayaannya. Sebagainnya lagi tidak pernah mencapai tujuannya karena terlalu sibuk dengan keluarganya. Yang jelasnya, anda harus menyeimbangkan keduanya untuk mencapai kekayaan sejati dan juga menikmatinya. Berikut ini lima cara yang membuat anda bisa menjadi kaya:

1. Memproduksi Sesuatu

Anda harus membuat perubahan besar pada diri anda, dari konsumen menjadi produsen. Bahkan jika hobby anda belanja, anda harus berubah menjadi penjual, apapun itu produknya, belajarlah menjual sesuatu. Contoh paling sederhana jika anda suka jajan bakso atau kue, menjadilah pembuat bakso atau kue. Anda pencari kerja, ciptakanlah lapangan kerja. Setiap milliarder adalah produser. Hanya produser yang menjadi kaya.

Tujuan utama produser bukan untuk makan tapi untuk memberi makan. Sambil mencari makan, orang kaya lebih tertarik menyediakan dan memberikan makanan untuk orang lain. Jika anda mempelajari lebih dekat tentang orang-orang kaya, anda akan menemukan bahwa hampir semua dari mereka menyediakan produk atau layanan yang berharga bagi jutaan orang. Jika anda melakukan ini maka anda menjadi kaya.

2. Ketahui Penghasilan Harian Anda

Berapa yang anda hasilkan setiap hari? Sudahkah anda menghitung penghasilan anda per hari? 100ribu? 1juta? 10juta? Dalam setahun ada sekitar 260hari kerja. Apakah anda tahu apa yang diperlukan untuk menjadi jutawan? Jika anda menghasilkan 10juta rupiah per hari, maka anda akan menghasilkan 2,6milyar setiap tahun.

Jika anda menghasilkan 100ribu per hari, cobalah lipat gandakan. Bayangkan jika anda melakukannya dua kali maka anda akan mendapatkan hasilnya dua kali lipat. Jika anda sedang melamar kerja, cobalah kirimkan lamaran kerja anda dua kali lipat dari jumlah lamaran kerja anda. Sukses adalah mendapatkan apa yang anda inginkan. Kebahagiaan adalah menginginkan apa yang telah anda dapatkan.

3. Berkorbanlah Semaksimal Mungkin

Sebagaian besar orang takut untuk berkorban demi meraih apa yang mereka inginkan karena takut akan kehilangan sesuatu. Sebagai contoh kita terlalu berat untuk mengeluarkan uang untuk membeli sebuah buku untuk pengembahan diri kita yang bisa membuat kita kaya tapi dengan mudahnya kita mengeluarkan uang untuk mengganti ponsel yang sudah usang. Sebelum anda menjadi kaya, anda harus menjadi miskin. Selain mendapatkan warisan yang banyak dan memenangkan undian yang besar, anda harus bersedia membayar harga dan berkorban semaksimal mungkin untuk menjadi kaya. Anda harus berani menghadapi kondisi terburuk jika anda mengharapkan yang terbaik. Akan ada banyak kesempatan dimana anda harus menunda kepuasan anda untuk fokus mendapatkan tujuan yang lebih besar.

Untuk menhadapi resiko terburuk, tanyakan pada diri sendiri dengan dua pertanyaan: ‘apa hal terburuk yang akan terjadi jika saya mengambil resiko ini? Lalu ‘apa hal terbaik yang akan terjadi?’. Biasanya anda akan menemukan bahwa satu-satunya alasan anda tidak berani mengambil resiko karena mempertaruhkan uang. Namun anda harus berani mengorbankan segalanya untuk mencapai tujuan walaupun jikan itu adalah uang terakhir anda.

4. Hanya Lakukan Aktifitas Kaya.

Penghalang nomor satu untuk menjadi kaya adalah pola pikir yang terbentuk dari pergaulan. Bergaulah dengan orang-orang kaya dan dapatkan pola pikir mereka. Ketika anda bergaul ditempat yang buruk maka anda akan berubah menjadi buruk.

5. Gunakan Bakat Anda.

Setiap orang secara alami memiliki bakat. Beberapa orang memiliki banyak bakat sementara orang lain hanya memiliki satu bakat. Meskipun demikian anda harus menyadari bakat anda dan menggunakannya. Seringkali seseorang merendahkan bakatnya dan membiarkan orang lain melakukan apa yang bisa ia lakukan dengan bakat yang ia miliki. Anda harus mengembangkan bakat anda dan biarkan diri anda dikelilingi orang-orang yang mendukung bakat anda.

Demikian ulasan sederhana tentang menjadi kaya, mungkin para pembaca ingin berbagi opini tentang tema ini? Silahkan komentar di blog ini, terimakasih.

This entry was posted in Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Cara Sederhana Menjadi Kaya

  1. iqbal says:

    makasih gan, sampe sekarang ane belum kaya-kaya nih, kebanyakan baca teori ajah 🙂