Tips Belanja Online

Belanja adalah kebutuhan setiap orang, barang apapun itu. Namun terkadang barang yang kita butuhkantips-belanja-online susah untuk didapatkan. Apakah itu barang antik, barang baru, ataupun barang yang memang spesifik. Bisa juga karena lokasi kita yang jauh dari perkotaan sehingga hal-hal tersebut mengharuskan kita untuk membelinya secara online atau belanja memalui internet.

Namun untuk belanja secara online bukan hanya membutuhkan nyali karena banyaknya kasus penipuan dan sang penipu pun terus bertumbuh seperti jamur secara online, baik itu melalui situs/website, media sosial blog, maupun melalui aplikasi seperti bbm, whatsupp dan masih banyak lagi, tetapi belanja secara online membutuhkan kesabaran agar kita tidak tertipu atau kecewa karena barang yang kita pesan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditampilkan.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips belanja online yang telah saya lakukan sendiri yang hasilnya terbukti aman bagi saya:

1. Yakinkan sudah pernah ada teman yang membeli sebelumnya.

Langkah pertama yang saya lakukan ketika akan membeli sesuatu secara online adalah bertanya ke teman yang pernah belanja sebelumnya. Tidak ada salahnya bertanya sebelum membeli karena meskipun situs yang akan kita tempati belanja adalah situs besar dan sudah terkenal tapi akan lebih bijak jika bertanya dulu ke teman yang pernah belanja di situs tersebut. Hal ini untuk memastikan jika situs tersebut aman dan untuk menanyakan berapa lama pengiriman barangnya tiba di rumah.

2. Jangan Beli langsung di penjualnya.

Kecuali penjualnya sudah anda kenal baik maka tidak masalah jika anda membeli secara online langsung ke penjualnya walau hal tersebut tetap saja beresiko untuk tertipu karena kita tidak akan pernah tau jika seandainya penjual tersebut sedang dalam masalah. Beberapa kasus penipuan biasanya melalui BBM, Facebook, Whatsupp atau aplikasi lainnya yang sejenis yang mana pembeli berhubungan langsung dengan penjualnya. Ingat, Facebook yang menampilkan foto profil penjual semuanya bisa direkayasa, termasuk testimoni dari pembeli palsu. Belilah pada situs-situs yang sebagai perantara antara penjual dan pembeli, seperti di bukalapak, tokopedia atau situs yang lainnya yang serupa.

3. Komunikasi ke Penjualnya Sebelum Membeli.

Setelah kita merasa cocok dengan barang yang akan dibeli, sebaiknya anda chat/ngobrol dengan penjualnya secara langsung. Barang yang akan dibeli sebaiknya diyakinkan dulu ketersediaanya dari segi warna misalnya atau spesifikasi yang lainnya. Jangan lupa juga tanyakan ekspedisi yang akan digunakan dan estimasi waktu pengirimannya tiba di rumah.

4. Jangan Lupa Berikan Feedback.

Feedback sangat penting, selain sebagai tanda terimakasih pada penjualnya yang menjual dengan jujur, juga untuk mencegah penipuan jika ternyata penjualnya tidak jujur. Feedback ini berguna untuk pembeli yang lainnya sebagai referensi.

 

 

This entry was posted in Tips dan Trik and tagged , , . Bookmark the permalink.